Selasa, 23 Februari 2016

GERHANA MATAHARI TOTAL & ONLINE SHOPPING

                                           Foto Ilustrasi 

9 Maret 2016, Indonesia khususnya wilayah-wialayah seperti Palembang, Bangka Belitung, Palangkaraya, Palu, Ternate, dan Tidore, akan menikmati fenomena alam yang pernah dirasakan pada tahun 1983 silam, Gerhana Matahari Total (GMT ). Sebagian besar masyarkat Indonesia dan para ahli astronomi menyambut suka cita fenomena alam yang terjadi dalam rentang waktu yang lama di setiap periode pemunculannya. Dan rasanya kita harus berbangga hati, karena kejadian langka seperti Gerhana Matahari Total di tahun ini, konon menurut para peneliti hanya terjadi di Indonesia saja.
Kabar ini seperti virus yang menyebar tidak hanya di seantero nusantara, tapi juga negara-negara luar Indonesia. Keriuhan, rasa suka cita, kehebohan, serta kesibukan mepersiapkan datangnya sang fenomena.
Kota-kota di Indonesia yang dilalui GMT ini, sudah sejak dini mempersiapkan diri untuk menyambut tamu-tamu yang akan datang ke kotanya masing-masing. Mulai dari pengelola tempat penginapan seperti hotel, cottage, villa, guest house, bahkan sampai wisma kecil dan sebagainya. Tidak ketinggalan pula pengelola rumah makan dan restoran, juga sibuk menyiapkan menu-menu andalannya untuk disajikan kepada para tamu. Beberapa merchandise dan kerajinan seni lokal juga tengah sibuk mempersiapkan beberapa cindera mata yang nantinya akan dibawa pulang oleh para tamu ke daerah atau negaranya masing-masing. Kabarnya, beberapa tempat penginapan sudah dipesan jauh-jauh hari oleh para calon tamu yang akan datang dari berbagai tempat, mulai dari pendatang dalam negeri hingga pelancong dari negara-negara tetangga. Mereka juga tidak ingin melewatkan kesempatan menikmati datangny GMT ini yang tidak bisa dinikmati di tempat mereka masing-masing.



Lalu bagaimana dengan penggiat bisnis  atau pengelola toko dalam jaringan alias online shop ? Apakah  masing-masing akan menawarkan produk-produk atau program jualan unggulan yang berkaitan dengan datangnya peristiwa GMT ini ? Saat penulis menuliskan hal ini memang belum ada wawancara khusus dengan salah satu pengelola online shop. Namun menurut pengamatan, biasanya para pengelola usaha toko dalam jaringan ini sangat jeli membaca situasi atau moment-moment tertentu yang menjadi pusat perhatian orang banyak. Termasuk juga peristiwa GMT ini. Apalagi kegiatan menjual dan belanja secara online ini juga sudah menjadi fenomena di masyarakat Indonesia seiring semakin berkembang dan mudah teknologi internet dapat di akses. Jadi klop, 2 fenomena menjadi satu akan melahirkan sebuah kejadian yang luar biasa. 
Berbagai program yang mungkin bisa ditawarkan oleh pengelola usaha Online Shop untuk para pelanggan dan pembeli ini misalnya program GGS (GMT Great Sale) yang menawarkan potongan harga khusus untuk setiap pembelian produk apapun mulai dari 20 hingga 50 persen untuk pembeli yang belanja pada saat GMT berlangsung, seperti layakanya Midnight Sale.  Atau mungkin akan ada Toko Online yang bergerak di bidang usaha pembuatan T-Shirt, Topi, Casing HP, Tas, menawarkan produk-produknya yang bertema GMT. Berbagai pesta diskon harga dari berbagai Online Shop bertepatan dengan datangnya peristiwa GMT, tentunya akan menarik minat para pelanngan dan calon pembeli, karena peristiwa seperti GMT ini cukup langka untuk bisa dinikmati setiap tahun. 
Meskipun kegaiatan belanja online pada saat GMT ini berlangsung bukan merupakan kegiatan tahunan, setidaknya akan melahirkan program jualan baru. Dan tentu saja dukungan dari berbagai mitra usaha Online Shop seperti perusahaan jasa pengiriman, perusahaan telekomunikasi, perbankan, serta media elektronik, cetak dan media sosial, sepertinya bisa turut menggerakan suksesnya perhelatan e-commerce yang cukup langka ini. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar